Keputihan Pada Wanita Hamil

No comment 727 views

Setiap wanita pasti pernah mengalami keputihan. Baik itu keputihannya tidak berwarna ,bening, tidak berbau sampai dengan yang berwarna kuning, kuning kecoklatan,berbau dan bahkan menimbulkan rasa gatal sehingga mengganggu aktifitas. Keputihan terbagi dua yaitu normal/fisiologis dan patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Apa yang menyebabkan keputihan pada wanita hamil 

Penyebab terjadinya keputihan pada wanita hamil dikarenakan aliran darah yang akan meningkat ke daerah kewanitaan ketika hamil yang mempengaruhi cairan vagina menjadi lebih meningkat. Pada wanita hamil cairan vagina mempunyai manfaat untuk mencegah infeksi dari vagina menuju ke rahim. Akan tetapi, tidak semua cairan vagina memberikan manfaat karena jika telah terkontaminasi dengan bakteri, parasit, atau virus justru akan membuat pengaruh buruk dari terjadinya infeksi vagina .

Mengatasi keputihan pada wanita hamil 

Terkadang keputihan sangatlah mengganggu aktifitas para wanita, karena basah atau lembab di area kewanitaan ataupun bau yang menyengat yang membuat para wanita hilang rasa kepercayaan dirinya terhadap pasangan. Berikut beberapa tips yang bisa diikuti untuk meminimalisir cairan keputihan :

  • Jaga kelembapan area kewanitaan agar selalu kering dengan membasuhnya selesai melakukan buang air kecil ataupun buang air besar dengan tisu ataupun kain 
  • Mengganti celana dalam sehari 2 sampai 3 kali dalam sehari,hindari penggunaan celana dalam seharian karena menyebabkan kelembapan tinggi di area kewanitaan mengakibatkan keputihan yang berlebihan hingga menimbulkan bau 
  • Basuh area kewanitaan dengan posisi arah depan ke belakang 
  • Pakailah celana dalam dengan berbahankan katun yang nyaman dan menyerap keringat 

Untuk wanita hamil, produksi keputihan akan melebihi dari kondisi sebelum hamil itu masih dapat dikatakan kategori
normal dan masih tidak membutuhkan pengobatan kimia. Tapi, jika wanita hamil mengalami ciri ciri keputihan yang abnormal seperti Cairan berwarna putih kekuning-kuningan bahkan sampai kehijauan atau kekuningan, Cairan lebih kental dan lengket, Memiliki jumlah yang banyak, Rasa gatal yang tidak tertahankan, Berbau tidak sedap, Pada sekitar vagina berwarna kemerahan. Segera konsultasikan ke dokter SPOG.

Leave a reply "Keputihan Pada Wanita Hamil"